in ,

OMGOMG

Fakta Mengejutkan Suku Maya Kuno dari Ramalan Kiamat hingga Kedudukan Raja

Suku Maya masih eksis sampai saat ini.

Apa yang terjadi jika sebuah peradaban suku kuno meramalkan kiamat, tentu nya kita akan gelisah apalagi tidak akan langsung begitu percaya. Sebuah fakta mengejutkan yang dilansir dari ggwp.id, sebuah peradaban suku Maya kuno meramalkan kiamat akan terjadi pada 21 Juni 2020.

Suku maya (source: toutiao.feiyang.com)

Mengapa suku Maya kuno selalu membuat pernyataan kontroversi, mari kita simak fakta lengkap yang telah dilansir dari ancient.eu.

1. Suku Maya kuno telah ada sejak lama dan masih ada sampai saat ini.

Suku maya (source: saga.co.uk)

Suku ini merupakan peradaban besar yang pernah ada dan runtuh berabad-abad yang lalu namun masih ada 7 juta jiwa suku maya yang mendiami daerah-daerah di Meksiko seperti Campeche, Tabasco, Chiapas, Quintana Roo dan Yucatan. Selain itu suku ini juga tersebar di El Salvador, Guatemala, Honduras barat dan Belize.

2. Sistem kalender suku Maya mengatakan kiamat terjadi pada 21 Juni 2020

Suku maya (source: dreamstime.com)

Penafsiran kiamat dalam kalender suku Maya yang terbukti salah besar menimbulkan banyak kontroversi, Di tahun 2012 suku Maya juga pernah secara jelas menyatakan kiamat sehingga pada saat itu beberapa film dibuat dengan tema bencana alam dengan judul 2012.

Di laman detik.com prediksi tersebut bentrok dengan fenomena Gerhana Matahari Cincin yang terjadi pada hari yang sama.

3. Mengenal seni penulisan yang rumit

Suku maya (source: ebela.in)

Seni penulisan Suku Maya mirip sekali dengan peradaban Mesir kuno, mereka mengenal penulisan bentuk hieroglif yang biasanya diukir pada kayu, batu hingga kulit pohon ara dalam bentuk buku.

4. Mengenal pengobatan sejak lama.

Suku maya (source: healthywaymag.com)

Suku Maya sangat mendalami pengetahuan tentang bagian tubuh manusia serta cara pengobatannya. Mereka mengunakan bahan-bahan alami untuk digunakan sebagai obat seperti jamur, tembakau dan tanaman lainnya yang dibuat sebagai minuman alkohol.

5. Tradisi unik yang dilakukan kepada anak-anaknya

Suku maya (source: maya-news.com)

Suku Maya kuno melakukan tradisi unik pada anak-anaknya seperti menempelkan papan di dahi bayi yang bertujuan membuat dahinya rata, meletakan benda-benda didepan mata bayi, meruncingkan gigi anak dan melubangkannya dengan diisi batu giok. Hal itu merupakan tradisi yang jarang ditemui di suku-suku lainnya, mereka menganggap bahwa hal itu adalah penampilan umum dan wajib setiap anak.

6. Kepercayaan kepada dewa dengan mengorbankan darah

Suku maya (source: nationalgeographic.com)

Mereka mempercayai bahwa mengorbankan darah kepada dewa akan membawa kemakmuran bagi mereka. Biasanya anak-anak terpilih akan digunakan sebagai pengorbanan karena jiwa mereka masih murni dan di lain kesempatan, suku Maya juga mengunakan budak atau tahanan untuk dijadikan korban.

7. Mengunakan sauna untuk mengobati penyakit

Suku maya (source: ancientpages.com)

Siapa sangka pengemar sauna hanya datang dari kalangan masyarakat modern tetapi suku Maya sudah mengenal sistem ruang panas ini sejak lama. Sauna versi mereka dibangun dari batu dan lubang kecil diatas langit-langit kemudian air dituangkan pada bebatuan panas sehingga terciptalah uap panas. Pengunaan sauna dikhususkan untuk mengobati orang sakit, ibu hamil dan membersihkan tubuh dan pikiran sehingga dekat dengan dewa.

8. Memiliki permainan bola yang berbahaya

Suku maya (source: newsela.com)

Sejak zaman kuno, suku ini sudah mengenal permainan bola yang populer namun permainan tersebut sangat beresiko bahaya karena bola yang digunakan memiliki berat 3,6 kilogram . Ketika memainkan permainan tersebut, jika tidak berpengalaman bisa menyebabkan cedera pada sendi kaki.

9. Perbedaan kedudukan suku Maya terlihat jelas

Suku maya (source: thegoldenscope.com)

Kehidupan suku Maya dibagi menurut kedudukannya, Raja suku Maya akan mendiami istana batu nan megah yang telah dilengkapi berbagai fasilitas kebutuhan, pakaian dan perhiasan sedangkan rakyatnya harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidup nya dan raja. Pekerjaan masyarakat suku Maya adalah bertani dan kerajinan tangan dari pagi hingga malam dengan pakaian sederhana dan tinggal digubuk yang kecil.

What do you think?

311 points
Upvote Downvote
Advocate

Written by Axel JR

All men have limits. They learn what they are and learn not to exceed them. I ignore mine.

Emoji AddictImage MakerVideo MakerGallery Maker

Comments

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Inilah 5 Wanita Cantik dan Berbahaya sebagai Mata-Mata Dunia

Selain John Kei, Inilah Preman-Preman yang di Takuti di Indonesia sampai ada yang diangkat Film Kisah Hidupnya